MAKANAN KHAS KOTA RENGAT

Mei 01, 2017



1. Asam Pedas Patin

Makanan  yang terkenal oleh  orang melayu ini terbuat dari ikan patin karena dahulu di sungai indragiri banyak ikan patin.yang kemudian di jadikan masakan asampedas patin. Asam yang di dapat dari kuah belimbing dan rasanya gurih dari ikan patinnya.
2. Bolu Berondam

Dulunya  merupakan makanan raja. Bolu ini merupakan bolu yang sudah jadi yang di rendam pakek air gula. Membut bolu berondam ini jugak cuikup sulit konon katanya membut bolu berondam ini orangnya harus suci , tidak lagi marah atau tidak dalam mut yang buruk.bolu berondam ini banyak di buat di daerahsebrang kota rengat dan merupakan makanan andalan saat lebaran.

3. Dodol Kedongdong

Makanan paling khas di rengat karena kota rengat dulunya banyak pohon kedongdong. Di kota rengat sampai ada tugu yang berbentuk buah kedongdong , namun sekarang sudah tidak ada lagi.

4. Buah Seroja

Buah yang tumbuh di daerah tambah dan juga di danau raja. Buah ini merupakan makanan kerajaan indragiri hulu riau, dan buah ini merupakan putik dari bunga seroja. Buah ini bisa di temui di pinggiran jembatan kuning, tapi buah ini tidak setiap saat ada karena buah ini merupakan buah tahunan.

5. Laksmana Mengamuk

Minuman yang terkenal di rengat  minuman ini cukup unik karena namanya minuman ini terbuat dari kuwini, santan, dan gula. Nam laksmanan mengamuk di ambil dari cerita bahwa daluhu ada laksana yang mengamuk di sebuah kebun kuwini lantaran istrina di bawa kabur oleh pemilik kebuh buah kuwini.  Lalu dia mengamuk dan menghempas-hempaskan pohon buah kuwini dan buah kuwini pun berjatuahn yang akhirnya di ambil oleh para warga dan di jadikan minuman buah kuwini yaang di bagi- bagikan kepada wrga . sejak saat itu menuman itu di beri nama laksamana mengamuk.

You Might Also Like

1 komentar

  1. Di mana cari dodol kedondongnya, mau beli buat oleh oleh teman nii

    BalasHapus

MAKANAN KHAS KOTA RENGAT

1. Asam Pedas Patin Makanan  yang terkenal oleh  orang melayu ini terbuat dari ikan patin karena dahulu di sungai indragiri banyak i...

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images